5. Ekstensi ENB
Komponen dan tweak berikut bersifat opsional dan TIDAK diperlukan untuk implementasi ENB yang berhasil.
5.1 SMAA (sangat disarankan)
Bagi pengguna ENB, versi ENBSeries setelah v0.119, perangkat
keras AA tidak lagi didukung. Untuk itu, pengguna ENB hanya memiliki opsi
berikut yang tersedia bagi mereka; ENB EdgeAA, SMAA atau SweetFX menggunakan
injektor. Bagi pengguna sistem low-end, EdgeAA ENB mungkin adalah pilihan
terbaik karena hanya ada hampir kehilangan performa. SubPixel Morphological
Anti-Aliasing (SMAA) adalah metode anti-aliasing pasca pengolahan yang
fantastis. SMAA diproses setelah proses ENBSeries yang memberikan kualitas MSAA
hampir sama, pada fraksi hit kinerja. Pengguna juga bisa menggunakan injector
SMAA dengan EdgeAA yang memungkinkan untuk mendapatkan kualitas gambar yang
lebih baik sekalipun. Bagi pengguna pada mesin mid to high-end, SMAA akan
menjadi pilihan terbaik. Ini juga perlu dicatat bahwa injector SMAA dapat
digunakan tanpa ENB sebagai pengganti mandiri untuk metode AA permainan atau
sopir. Meskipun beberapa preset ENB mungkin tidak memasukkan SMAA dalam file
kemasannya, masih dimungkinkan untuk menggunakan SMAA dengan preset apapun
asalkan tidak ada d3d9.dll tambahan yang sudah digunakan di bagian [PROXY] dari
file enbseries.ini . Untuk menginstal SMAA, lakukan hal berikut:
- Jika SMAA tidak dipasok oleh preset ENB, pengguna bisa
mendownloadnya dari sini .
- Ekstrak file yang didownload ke lokasi yang diinginkan
- Di folder d3d9 (jangan gunakan file dari folder d9d10 !!!)
ganti nama d3d9.dll menjadi d3d9_smaa.dll . Pengguna non-ENB tidak perlu
mengganti nama file ini.
Sekarang salin file berikut ke direktori root Skyrim (bukan
direktori Data):
- d3d9_smaa.dll
- injector.ini
- SMAA.h
- SMAA.fx
Untuk mengaktifkan SMAA dengan ENBSeries, tetapkan berikut
ini di bagian [PROXY] pada file enblocal.ini :
EnableProxyLibrary =
benar
InitProxyFunctions =
true
ProxyLibrary =
d3d9_smaa.dll
Untuk mengubah kualitas SMAA, buka file injector.ini dalam
editor teks ( seperti Notepad ++ ) dan ubah parameter yang preset ditentukan:
preset =
SMAA_PRESET_HIGH
Preset kualitas yang tersedia tercantum di atas parameter. Standar
presetnya adalah: Rendah adalah kualitas 60%, Medium adalah 80%, Tinggi 95%,
dan Ultra adalah 99% kualitasnya. Ini mirip dengan 2xAA, 4xAA, dll dan setiap
langkah lebih tinggi hadir dengan lebih banyak kehilangan kinerja. Selain itu,
preset kustom dapat dibuat di file SMAA.h seperti yang terlihat pada gambar di
bawah ini untuk preset Uber ; Namun, ini adalah proses yang sangat maju, karena
itu, ini tidak merekomendasikan sebagian besar pengguna dan tidak akan dibahas
di sini.
Bagi pengguna yang ingin belajar lebih banyak tentang SMAA,
ada PDF yang sangat mendalam dan teknis tersedia di sini .
5.2 ELE (Enhanced Lighting untuk ENB)
Enhanced Lighting untuk ENB (ELE) adalah seperangkat mods,
oleh penulis JawZ, yang bertujuan menyeimbangkan pencahayaan Skyrim. Ini
menyesuaikan setiap jenis pencahayaan dalam permainan untuk keduanya membuat
Skyrim terlihat lebih baik dengan ENBSeries dan untuk mempermudah penulis
preset menyesuaikan dan menyeimbangkan preset mereka tanpa harus mengorbankan satu
bidang pencahayaan yang lain. Saat ini ada enam modul untuk ELE, masing-masing
menyeimbangkan area pencahayaan yang terpisah dalam permainan. Ini adalah
Exterior Lighting dan Weathers, Interior Lighting, Light Bulbs, FX Effects,
Spell and Torch Lighting, dan Plugins . Modul-modul ini masih dalam proses;
Namun, dari modul ini, Interior Lighting adalah yang paling lengkap dan paling
banyak digunakan oleh preset preset ENB sampai saat ini. Masing-masing modul
ini dibahas lebih lanjut di bawah ini.
→ Download
... ada juga preset ENB yang dibuat oleh JawZ yang
menggunakan setup ELE ringan. Preset ENB ini diciptakan sebagai sumber modder;
bagaimanapun, dapat digunakan sebagai preset mandiri. Ini sangat ringan pada
kinerja, menyediakan warna seperti vanila, dan juga menyediakan perangkat
tambahan dasar ENBseries seperti bayangan yang ditingkatkan. Modem dapat
menggunakannya untuk meningkatkan / memperbaiki beberapa masalah vanili.
Penulis dapat menggunakannya untuk membuat Preset ENB mereka sendiri.
Memasang ELE
Cukup dengan memasang modul ELE (dijelaskan di bawah)
biasanya tidak akan menghasilkan hasil yang terlihat bagus dengan Preset ENB
yang dipilih. Preset harus dirancang untuk bekerja dengan ELE atau hasil
pemasangannya mungkin tidak diinginkan. Paling sering, jika seorang penulis
merancang preset mereka di sekitar ELE, itu akan menjadi modul Lighting
Interior karena ini adalah modul yang paling lengkap dan memberikan kontrol
yang lebih baik kepada penulis mengenai ruang interior daripada tanpa itu. Instalasi
ELE semudah memasang mod lainnya. Cukup download modul yang diinginkan, dan
instal dengan menggunakan mod manager seperti Mod Organizer. Urutan beban
sangat penting saat ELE dikombinasikan dengan mods pencahayaan lainnya. Penulis
telah dengan ramah menyediakan beberapa contoh pesanan-beban yang dirancang di
seputar berbagai setup yang harus memberikan referensi bagi sebagian besar
pengguna. Dia juga telah menyediakan daftar mods pencahayaan yang populer dan
tidak kompatibel dengan modul individual. Daftar ini tidak hanya membantu untuk
modders, tapi juga bagi preset preset. Penulis dapat menggunakan daftar
kompatibilitas saat menentukan overhaul pencahayaan yang didukung dengan preset
mereka, jika mereka memilih untuk juga menggunakan modul ELE apa pun.
5.2.1 ELE - Weathers Lite BETA
Dalam modul ini, cuaca telah diberi warna yang lebih alami
dan tidak lagi bergantung pada ruang gambar. Weathers juga telah diberi deteksi
malam / siang lebih baik pada siang hari, malam hari, matahari terbit, dan terbenam.
Sinar matahari telah seimbang di semua cuaca dan bayangan telah diedit untuk
lebih meningkatkan tampilan visual efek SkyLighting. Bandeng langit juga telah
berkurang secara signifikan dengan modul ini. Beberapa bug visual seperti
cakrawala gelap selama cuaca tertentu telah diperbaiki. Akhirnya, tekstur
matahari baru disertakan untuk mengikuti perubahan cuaca. Ini meningkatkan
fitur Sinar Matahari, tidak memiliki grain / noise, zero banding, dan tidak
akan overexpose sebagian besar langit seperti tekstur vanila sun.
5.2.2 ELE - Lite
Ini adalah versi default dari ELE dan memiliki modul
Lighting Interior yang dikombinasikan dengan modul lainnya: ELE - Spell and
Torch Lighting , ELE Plugin - RS Light Color , dan ELE Plugin - FX Emittance .
Untuk informasi lebih lanjut tentang masing-masing modul ini, lihat di bawah
ini.
5.2.3 ELE - Interior Lighting
Modul Lighting Interior mencakup perubahan pada ruang gambar
dan LightingTemplates yang telah diimbangi dengan warna yang lebih alami.
Imagepaces dan LightingTemplates juga dinamai berdasarkan jenis sel interior
yang mereka pengaruhi. Ini telah dilakukan untuk preset writer sehingga mereka
bisa mengedit tipe sel interior tertentu tanpa mempengaruhi hal lain. Bayangan
interior juga telah diedit sehingga mereka benar-benar menyala dan ditempatkan
berdasarkan lampu eksterior yang bersinar dari celah-celah di dinding atau
berdasarkan jumlah jendela di sel interior. Interior DirectLighting telah
di-tweak agar lebih baik digunakan sebagai penerangan tidak langsung yang
menurut penulis berfungsi sebagai penerangan karakter yang baik; Oleh karena
itu, arah dan warna DirectLighting keduanya telah di-tweak sampai akhir.
"Bug" visual dengan ruang bawah tanah tampak terang seperti siang
hari dan juga telah diperbaiki. Akhirnya, semua sel dikelompokkan dalam
interior telah diperbaiki sehingga terlihat lebih natural berdasarkan lokasi.
Misalnya, Kuil Kynareth adalah interior kelas yang "terang" sementara
Ruang Bawah Tanah Dragonsreach adalah interior kelas yang "gelap"; Karena
itu, penerangannya sekarang akan sesuai dengan interior kelas.
5.2.4 Bola lampu
Modul Light Bulbs mencakup bola lampu untuk interior dan
eksterior. Light Bulbs adalah cahaya yang memancarkan dari perapian, lilin dan
lampu gantung di antara hal-hal lain. Penempatan Light Bulb telah diperbaiki
dan pewarnaan baru yang diberikan kepada mereka berdasarkan pada sumber
"kehidupan nyata". Light Bulbs juga dinamai berdasarkan jenis sumber
cahaya yang mereka tempati sehingga preset dapat mengedit jenis Light Bulb
tertentu tanpa mempengaruhi jenis Light Bulb lainnya.
5.2.5 Efek FX
Modul FX Effects menangani semua perubahan FX yang
diperkenalkan oleh ELE suite. Ini membuat perubahan pada "jendela
perubahan dinamis" sehingga ENBSeries, sendiri, dapat mengendalikan
sepenuhnya perubahan tersebut. Modul ini juga akan menyesuaikan penempatan efek
FX, dan juga, menambahkan atau menghapus beberapa efek FX berdasarkan pada
penilaian penulis.
5.2.6 Eja dan Obor Pencahayaan
Modul Spell and Torch Lighting mengubah warna, jari-jari dan
intensitas semua bola lampu mantra saat melakukan hal yang sama untuk lampu
obor juga. Seperti modul lainnya yang satu ini mengedit pencahayaan agar
memiliki warna yang lebih alami dan secara khusus mengubah pencahayaan mantra
agar sesuai dengan berbagai jenis mantra lebih akurat.
⥢KE HALAMAN SEBELUMNYA KE HALAMAN SELANJUTNYA⥤
⥢KE HALAMAN SEBELUMNYA KE HALAMAN SELANJUTNYA⥤
No comments:
Post a Comment